Sikap Proaktif Tuntaskan Masalah Entrepreneur Muda

Sikap Proaktif Tuntaskan Masalah Entrepreneur Muda

sikap proaktif tuntaskan masalah entrepreneur muda. Sebelum mengenal apa itu pengertian sikap proaktif bagi entrepreneur muda, haruslah dimengerti terlebih dahulu bahwa antara stimulus dan respons kita terdapat kebebebasan untuk memilih sesuatu. Dalam kebebasan untuk memilih inilah terdapat empat anugerah yang diberikan yang membuat manusia itu unik. Binatang yang paling cerdas tidak memiliki satu pun dari ke empat anugerah ini, yaitu kesadaran diri, imajinasi, suara hati, dan kehendak bebas.

Proaktif adalah suatu keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku berasal dari diri dalam manusia itu sendiri. Ini merupakan salah satu sikap sebagai orang “pemecah masalah“. (Problem solving)

Menjadi proaktif berarti juga bertanggung jawab 100% atas hidup kita. Kita memiliki inisiatif dan tanggung jawab untuk membuat segala sesuatunya terjadi. Orang proaktif tidak menyalahkan masalah, keadaan, orang, atau kondisi di sekeliling mereka.

Orang proaktif memfokuskan upaya mereka dalam lingkaran pengaruhnya. Mereka mengerjakan hal-hal yang terhadapnya mereka dapat melakukan sesuatu. Orang proaktif fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah. Mereka fokus pada solusi dari setiap masalah yang mereka hadapai. Mereka secara perlahan-lahan meluaskan lingkaran pengaruh mereka. Sebaliknya, orang reaktif memfokuskan diri pada lingkaran kepedulian mereka, yaitu pada hal-hal yang tidak bisa mereka ubaj. Orang reaktif fokus pada masalah, kelemahan orang lain, lingkungan, dan keadaan yang mereka tidak dapat kendalikan.

Ambil contoh, Tony Hsieh, CEO Zapos, Perusahaan sepaut on-linesukses, memulai bisnisnya karena sikapnya yang proaktif terhadap sebuah masalah. Ia sulit menemukan sepatu dengan model, warna, ukuran, dan lebay yang sesuai, baik secara on-line maupun off-line. Karena memiliki sikap bersikap reaktif ia mengambil langkah proaktif terhadap masalah yang dihadapinya. Ia berangan-angan mendirikan pilihan pelanggan dengan pelayanan terbaik. Melalui moto “with zappos, the shoe store comes to you,” Setiap pelanggan bisa bebas mengungkapkan apa yang ia inginkan pada petugas customer service sampai bisa menemukan sepatu yang paling tepat. Semua Frontline terkesan mempunyai waktu cukup untuk melayani setiap pelanggan, pemasok atau pun vendor. Sikapnya yang proaktif dalam menghadapi masalah membuahkan hasil. Kini, Tony Hsieh berhasil membuat Zappos menjadi perusahaan besar yang disegani.

Yang berarti sikap proaktif adalah suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat dan kita sebagai entreprenur muda juga mempunyai tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi. Dengan begitu pentingnya memiliki sikap proaktif tuntaskan masalah entrepreneur muda.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: