Sikap Keyakinan dalam Pengambil Keputusan Untuk Pemecah Masalah

Sikap Keyakinan dalam Pengambil Keputusan Untuk Pemecah Masalah

Sikap Keyakinan Dalam Pengambil Keputusan dan Pemecah Masalah

Apakah kalian semua mengenal suatu budaya di Negara Mauritania? Mauritania adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat laut Afrika. Pesisirnya menghadap ke Samudra Atlantik, di Antara Sahara Barat di sebelah Utara dan Senegal di Selatan. Di negara itu, perempuan yang dianggap cantik adalah perempuan yang gemuk dan memiliki banyak selulit. Para pria Mauritania lebih tertarik dengan perempuan yang telah bercerai dari pada perempuan yang masih gadis. Makin sering seorang perempuan bercerai, makin gemuk, dan makin berselulit, maka dia makin diminati para pria Mauritania.

Dalam hal ini memberikan pemahaman tentang beliefe system (sistem keyakinan). Orang-orang Mauritania mempunyai sistem keyakinan manusia yang berbeda dari orang-orang pada umumnya. Itu sebabnya perilaku mereka berbeda. Setiap manusia memiliki life script (skenario hidup) masing-masing. Sesungguhnya, kita menjalani hidup ini berdasarkan life script itu.

Pembentukan Keyakinan Manusia Dalam Sikap Pemecah Masalah

Dan skenario hidup yang kita jalani selaras dengan keyakinan manusia yang kita anut. Keyakinan adalah sesuatu yang tertanam dalam diri kita. Tertanam sedikit demi sedikit untuk waktu yang cukup lama, biasanya sejak kita kanak-kanak. Berita baiknya adalah ketika kita lahir, kita tidak memiliki keyakinan sama sekali (belief). Keyakinan adalah sesuatu yang bisa dipelajari, maka keyakinan manusia bisa diubah, diganti, atau dimodifikasi. Proses pembentukan keyakinan manusia hampir sama dengan proses instalasi program software komputer. Jika kalian bisa meng-install sebuah program, sebenarnya kita pun bisa meng-uninstall program tersebut. Walaupun perlu diakui bahwa proses meng-uninstall belief tidak semudah membalikkan tangan.

“Apapun yang Kalian percayai dan yakini sepenuhnya, itu akan menjadi kenyataan.”

Itulah sebuah peraturan yang abadi tentang The Law Of Belief. Kita bertindak berdasarkan apa yang kita percayai, dan yakini, terlepas apakah hal itu benar atau salah. Keyakinan kita menentukan kenyataan hidup kita.

You do not only believe what you see; you rahter see whay you already believe.

Sebenarnya, kita tidak hanya percaya pada apa yang kita lihat, tetapi kita juga melihat apa yang kita percayai. Jika kita melihat bahwa masalah kita tidak dapat diselesaikan, pintu jalan keluar akan tertutup bagi masalah kita. Sebaliknya, Jika Anda melihat bahwa pasti ada jalan keluar untuk setiap masalah yang kalian hadapi, pintu solusi akan terbuka lebar bagi Kalian.

Kalian dapat memiliki keyakinan positif, keyakinan yang membuat hidup kalian gembira, senang, bahagia, dan optimistis dalam mengatasi masalah kalian. Atau Kalian dapat memiliki keyakinan negatif, keyakinan yang membuat hidup kalian sedih, murung, susah, dan pesimistis terhadap masalah yang Kalian hadapi. Klian sulit memiliki hidup yang positif, sementara Kalian meyakini hal negatif. Kalian sulit untuk menyelesaikan masalah, sementara masih berpikir tidak ada jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Keyakinan mempunyai kuasa dan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan.

Tidak selalu dapat mendapatkan segala apa yang layak diterima dalam kehidupan dan masalah kita, tetapi kita biasanya mendapatkan tidak lebih dari apa yang kita yakini. Kita menerima apa yang kita yakini. Prinsip ini bekerja dalam hal negatif sekuat dalam hal positif. Keyakinan kita, baik itu positif ataupun negatif, bekerja sama kuatnya untuk menjadi kenyataan dalam hidup kita.

Oleh sebab itu, berhai-hatilah dengan keyakinan Kalian!

Your believe become your toughts. Your thoughts become your word. Your words become your actions, Your actions become your habits. Your habits become your values. Your values become your destiny. “ Mahatma Gandhi

Ornag-orang di Mauritania menjalani hidup selaras dengan keyakinan mereka. Itu sebabnya mereka berikap demikian. Keyakinan Kalian terhadap masalah yang Anda hadapi adalah permal masa depan Kalian.

 

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: