5 Tipe Karakter Orang Dalam Menghadapi Masalah Hidup

5 Tipe Karakter Orang Dalam Menghadapi Masalah Hidup

5 Tipe Karakter Orang Dalam Menghadapi Masalah

Setiap orang terkadang memiliki pikiran yang salah terhadap sesuatu. Apalagi ketika manusia tersebut dihadapkan pada suatu masalah, yang harus Ia hadapi.  Ada beberapa sudut pandang ketika melihat sebuah situasi yang sedang terjadi. Sudut pandang mana akan menentukan hasil yang diperoleh dari penyelesaian dalam menghadapi masalah. Persepsi sudut pandang adalah pikiran yang sering kali membuat orang menjadi salah untuk melakukan sesuatu, atau benar melakukan sesuatu. Karena dari cara berpikir arah sudut pandanglah yang akan menentukan salah atau benarnya seorang menghadapi suatu masalah. Seperti contoh cerita dibawah ini:

Ada seorang penjual balon di sebuah pameran. Dua menjual segala macam warna balon, termasuk warna merah biru, kuning, hitam, putih dan hijau. Pasa suatu kesempatan, seorang anak kecil menarik jaket si penjual balon, dan bertanya, “Balon warna apa yang terbangnya paling tinggi? Saya mau beli. “Si penjual menjawab dengan nada simpatik, “Nak, bukan warna balon yang menentukan tinggi terbangnya balon, melainkan apa yang ada dalam balon tersebut membuatnya terbang tinggi.”

Hal yang sama terhadi dalam hidup kita. Apa yang ada dalam diri kita menentukan, Sesuatu yang ada dalam diri kita menentukan apakah kehidupan kita bisa terbang naik dan sukses. Pernahkah kalian bertanya mengapa ada ornag, tim, dan organisasi yang lebih sukses dari pada yang lainnya? Jawabannya adalah karena mereka memiliki sikap yang berbeda. Mereka merespons masalah yang terjadi dengan cara yang berbeda dari sebagian besar orang. Sementara orang-orang lain melihat masalah hanya sebagai masalah, orang-orang sukses melihatnya sebagai peluang untuk memperbaiki diri, dan menjadi lebih baik.

Tipe Pemimpi

Orang bertipe pemimpin suka mengawang-awang. Ia senang mencetuskan ide dan gagasan baru, tetapi jarang mengambil tindakan untuk mewujudkannya. Ia tidak pernah berusaha mencari tahu bagaimana mengubah gagasan brilian menjadi tindakan nyata. Tentu saja, Ia tidak pernah berusaha menyelesaikan masalahnya. Ia puas dengan hanya sekerdar memikirkan mimpi-mimpi hebatnya. Tipe pemimpi berani punya mimpi-mimpi hebat, tetapi tidak pernah menjadikan mereka kenyataan.

Tipe Cepat Beraksi

Tipe ini bukanlah orang yang khawatir menghadapi masalah. Bila ada sesuatu masalah, Ia segera bertindak. Tentu saja, inisiatif dan kegigihan tipe ini merupakan hal positif. Namun, jika saja tipe ini tahu bagaimana berhenti sejenak, berpikir, dan melakukan sesuatu dengan tidak terburu-buru, Ia pasti mampu menyelesaikan masalah dengan lebih efektif dan efesien. Ia berpendapat bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dengan bekerja lebih keras (work hard), tanpa bekerja cerdas (work smart). Ia tidak tertarik untuk mencari tahu untuk berpikir dan menganalisis masalah adalah sama pentingnya dengan mengambil tindakan.

Tipe Pengeluh

Tipe pengeluh adalah tipe orang yang cepat menyerah setiap kali menghadapi masalah. Ia berkata, “Sya tidak mampu melakukannya, “Tidak jarang tipe orang ini sebenarnya memiliki gagasan hebat untuk menyelesaikan masalah, namun Ia takut gagal. Alih-alih berpikir menyelesaikan masalah, angkat bicara, dan mengambil tindakan, Ia hanya mengeluh atas masalah yang sedang dihadapinya. Tipe pengeluh sulit mengendalikan kehidupannya sendiri. Ia menayahkan semua orang, termasuk dirinya sendiri. Ia merasa tak seorang pun memahami kondisinya. Ia merasa tidak akan pernah bisa mengatasi masalahnya.

Tipe Pengkritik

Tipe pengkritik berbeda dari tipe pengeluh. Tipe ini lebih berani angkat bicara. Ia seakan-akan dilahirkan sebagai jawara pengkritik. Apapun rencana penyelesaian masalah yang dibuat, ia siap mengkritik, menunjukan kelemahan, dan menjatuhkan ide orang lain. Ia selalu menyalahkan orang lain setiap kali ada sesuatu yang salah. Jika seseorang mencoba menyelesaikan masalah dan gagal, tipe orang ini akan sangat senang, dan ia akan berkata, “Iya, kan, saya bilang juga apa, itu tidak akan berhasil. Ide bodoh.”

Ia senang membicarakan kesalahan orang lain, tetapi ia senidiri pernah berbuat sesuatu. Memang menjadi pengkritik itu lebih mudah dari pada menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi. Tipe ini terlalu takut memikul tanggung jawab dan menghadapi kenyataan bahwa ia sendiri juga bisa melakukan kesalahan.

Tipe Pemecah Masalah

Tipe pemecah masalah dalam sangat berbeda dalam sikap. Tipe ini berpikir dan melihat dunia dengan cara yang berbeda untuk menghadapi masalah. Ketika sebagian besar orang melihat sesuatu masalah hanya sebagai masalah, mereka justru melihat sesuatu masalah tidak hanya sebagai masalah, mereka justru melihat peluang untuk menuju kesuksesan, Mereka berfokus pada tujuan dalam menyelesaikan setiap tantangan dan masalah. Mereka mengatasi setiap persoalan dengan tenang. Mereka menganalisis situasi, mencari tahu akar penyebab masalah, berani mengambil keputusuan, menyusun rencana yang baik, mengamankan setiap rencana, serta mampu mengeksekusi dan memantau kemajuan setiap rencana mereka. Dengan menyeimbangkan antara proses berpikir rasionald an bertindak, mereka dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Saat kebanyakan orang melihat masalah sebagai kegagalan, para pemecah masalah justru melihatnya sebagai pengalaman belajar berharga yang menuntun mereka kepada kemampuan dan kesuksesan yang lebih baik. Tipe pemecah masalah menikmati proses belajar dari keberhasilan dan kegagalan mereka. Mereka fokus pada apa yang bisa.

 

One Comment

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: